Skip to main content

Panduan Pengajuan dan Verifikasi Akses

Pendahuluan

Panduan Penggunaan Aplikasi SehatMu disusun oleh Muhammadiyah Software Labs (LabMu) sebagai panduan resmi untuk membantu pengguna memahami dan memaksimalkan penggunaan aplikasi SehatMu. Aplikasi ini merupakan platform data dan dasbor Satu Sehat Muhammadiyah yang menyediakan layanan interaksi ekosistem terbatas untuk fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) Muhammadiyah dan 'Aisyiyah.

Tentang SehatMu

SehatMu Dasbor dibangun dan dikembangkan sebagai pusat portal satu informasi kesehatan di Indonesia, baik untuk publik maupun internal Fasyankes Muhammadiyah. Portal ini dirancang untuk menjawab tantangan informasi kesehatan yang tersebar di berbagai tempat, sehingga kehadiran portal terpadu ini diharapkan dapat mempermudah akses informasi, baik bagi para tenaga kesehatan maupun masyarakat umum.

SehatMu juga mendukung pengelolaan dan pemantauan data kesehatan yang terintegrasi secara real-time, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan.

Dengan berbagai fitur yang komprehensif, SehatMu menjadi solusi penting dalam menyediakan informasi kesehatan yang terstruktur dan mudah diakses, memperkuat ekosistem kesehatan di lingkungan Muhammadiyah dan 'Aisyiyah.


Login dengan M-ID

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi SehatMu sebagai Developer. Sebelum memasuki halaman, pengguna harus melakukan login terlebih dahulu untuk masuk ke dalam sistem dengan langkah berikut:

Langkah-langkah Login

  1. Buka Browser

    Buka aplikasi browser yang ada pada perangkat Anda, seperti:

    • Firefox
    • Internet Explorer
    • Google Chrome
    • Opera
    • Safari
    • Dan browser lainnya
  2. Akses Portal SehatMu

    Ketik alamat URL: https://sehat.muhammadiyah.or.id/ pada baris alamat (address bar).

    Portal SehatMu

  3. Masuk ke Console

    Klik "Console" untuk melakukan login dengan menggunakan M-ID. Pada halaman portal SehatMu:

    • Klik Register jika belum memiliki akun M-ID
    • Jika sudah memiliki akun M-ID, klik Login lalu masukkan Email dan password

    Login M-ID Form Login

  4. Dashboard Utama

    Setelah berhasil login, pengguna akan diarahkan ke dashboard utama.

    Dashboard Utama

Tips Login

Pastikan Anda sudah memiliki akun M-ID yang valid. Jika mengalami kesulitan login, hubungi administrator sistem.


Mulai Integrasi

Setelah pengguna berhasil masuk sistem SehatMu, pada halaman Dashboard pengguna dapat memulai integrasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Integrasi

  1. Akses Menu Integrasi

    Pada halaman dashboard, klik tombol "Mulai Integrasi".

    Mulai Integrasi

    Alternatif: Anda juga bisa mengakses melalui menu InstitusiPendaftaran lalu klik tombol "Mulai".

    Menu Institusi

  2. Mengisi Formulir Pengajuan

    Setelah diklik, akan tampil formulir pengajuan yang harus diisi.

    Perhatian

    Pastikan data diisi dengan teliti dan sesuai dengan informasi institusi yang valid.

    Setelah selesai mengisi formulir, klik "Simpan" untuk menyimpan data.

    Formulir Pengajuan

Informasi yang Diperlukan

Pastikan Anda menyiapkan informasi berikut sebelum mengisi formulir:

  • Data institusi/fasyankes
  • Informasi kontak yang valid
  • Dokumen pendukung (jika diperlukan)

Lihat Status Pengajuan

Setelah data diisi, akan tampil menu baru yaitu Riwayat. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat status pengajuan:

Cara Melihat Status

  1. Akses Menu Riwayat

    Pada sidebar menu, klik menu "Riwayat" untuk melihat status pengajuan.

    Menu Riwayat

  2. Lihat Detail Pengajuan

    Untuk melihat detail pengajuan, pada menu riwayat klik tombol "Lihat".

    Detail Pengajuan

Status Pengajuan

StatusDeskripsi
PendingPengajuan sedang dalam proses review
ApprovedPengajuan telah disetujui
RejectedPengajuan ditolak dengan alasan tertentu

Pengajuan Ulang

Pengajuan ulang dilakukan ketika pengajuan pertama ditolak dengan alasan tertentu yang diberikan oleh pihak Admin. Berikut langkah-langkah untuk pengajuan ulang:

Proses Pengajuan Ulang

  1. Lihat Alasan Penolakan

    Pada menu riwayat dengan status Rejected, klik tombol "Lihat" untuk melihat alasan pengajuan ditolak.

    Status Rejected

  2. Ajukan Ulang

    Setelah diklik, akan tampil alasan ditolak. Setelah membaca alasannya, klik tombol "Ajukan Ulang".

    Ajukan Ulang

  3. Isi Formulir Ulang

    Selanjutnya, pengguna mengisi kembali formulir pengajuan untuk pengajuan ulang, lalu klik tombol "Simpan". Pengajuan ulang berhasil dilakukan.

Catatan Penting

Pastikan Anda telah memperbaiki semua poin yang menjadi alasan penolakan sebelum mengajukan ulang.


Akses Kode API

Akses kode API dapat dilakukan ketika pengajuan diterima. Setelah pengajuan disetujui, akan tampil menu baru yaitu Akses Kode API yang berisi kode API untuk integrasi dengan SehatMu.

Cara Mengakses API

  1. Melalui Menu Riwayat

    Pada menu riwayat dengan status Approved, klik tombol "Lihat" kemudian klik tombol "Lihat Akses Kode API".

    Status Approved Akses API

  2. Informasi API

    Setelah diakses, akan tampil halaman kode API yang berisi:

    • Client Name: Nama klien aplikasi
    • Client ID: ID unik untuk aplikasi
    • Client Secret: Kunci rahasia untuk autentikasi

    Kode API

  3. Akses Langsung

    Alternatif lain, Anda bisa langsung mengakses menu "Akses Kode API" dari sidebar.

    Menu API

Keamanan API

Penting!
  • Jangan pernah membagikan Client Secret kepada pihak yang tidak berwenang
  • Simpan kredensial API di tempat yang aman
  • Gunakan HTTPS untuk semua komunikasi API